Micin Bikin Goblok ?


  Mie, Kripik, dan juga Baso Rasanya kurang lengkap kalau tidak ditambahkan dengan Micin, Micin alias MSG alias Monosodium Glutamat adalah bumbu dapur yang biasa ditambahkan pada makanan untuk meningkatkan cita rasa makanan,dan memberikan rasa gurih pada makanan. banyak yang mengatakan kalau mengkonsumsi micin dapat menyebabkan kebodohan, Fakta atau Mitos ?

Apa itu Micin ?

  Monosodium Glutamat atau yang biasa disebut micin Pertama kali Ditemukan oleh seorang ahli kimia bernama Kikunae Ikeda pada Tahun 1908.

  MSG dibuat melalui proses fermentasi tetes-gula. oleh bakteri Brevibacterium lactofermentum. Dalam proses fermentasi ini, pertama-tama akan dihasilkan Asam Glutamat.

   Nyatanya Glutamat  sendiri dapat kita temui pada daging, sayuran, dan bahan pangan  lainnya,dan faktanya tubuh kita sendiripun memproduksi glutamat.

  Oke balik lagi kefermentasi, Asam Glutamat yang terjadi dari proses fermentasi ini, kemudian ditambahke garam (Sodium Carbonate), sehingga akan terbentuk Monosodium Glutamat (MSG).

 

 

Apa Bahayanya Makan Micin ?

  MSG bisa menyebabkan pusing,mual mual, dan bikin bodoh. Ya setidaknya itulah yang kalian dengar. Tapi Faktanya hal tersebut hanya dialami oleh sebagian Orang.

  Rasa pusing dan mual tersebut disebabkan oleh Glutamat. Ada orang orang yang tubuhnya intoleran (alergi) dengan Glutamat, orang orang yang tubuhnya alergi terhadap Glutamat akan merasakan gejala gejala seperti pusing, mual-mual, dan merasa tidak enak badan setelah mengkonsumsi Glutamat. Jika kalian merasakan gejala-gejala itu bisa dibilang kalian alergi MSG Untuk Itu kalian tidak disarankan untuk mengkonsumsi MSG.

  Dalam kondisi normal, tubuh kita mempunyai kemampuan untuk mencerna glutamat Dalam jumlah tertentu.Konsumsi MSG yang direkomendasikan FDA adalah 30mg/kg berat tubuh.Jadi kalau berat lo 100 kg. Berarti 30 x 100= 3000 mg perhari atau 3 g perhari. Ya, setengah sendok lah

 

Kesimpula

Apakah Micin Bikin G*blok?

Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan pengkonsumsian MSG dalam jumlah yang wajar dapat menyebabkan kebodohan, karena terbukti MSG tidak dapat merusak sel sel dalam otak jika dikonsumsi sewajarnya.

Jadi Micin Bikin Goblok adalah HOAX

Liat Versi Videonya

Komentar